Tips Mudah Merawat Ban Motor

Tips Mudah Merawat Ban Motor

Pentingnya peran ban bagi kendaraan kesayangan membuat komponen ini harus selalu dirawat agar tidak mudah bocor dan berumur panjang.

Tak hanya itu, banyak kasus kecelakaan terjadi karena ban motor yang mudah tergelincir saat dikendarai. ada lima cara mudah merawat ban motor agar aman dan berumur panjang.

Berikut cara mudah merawat ban motor kesayangan :

Cek Tekanan Ban Secara Berkala

Cek tekanan ban motor minimal satu bulan sekali. Hal itu dikarenakan tekanan ban yang kurang tepat dapat merusak velg motor.

Selain itu, tekanan ban yang kurang juga dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara di jalan tidak rata dan berbelok.

Jangan Membawa Beban Berlebih

Jangan membawa beban berlebih saat mengendarai motor. Jika pengendara sering membawa beban berlebih, ban motor akan lebih cepat

Cek Kondisi Shock Breaker

Pastikan shock breaker depan dan belakang bekerja dengan baik. Jika menemukan salah satu shock breaker motor sudah tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera diganti.

Selain mengganggu kenyaman berkendara, shock breaker yang rusak dapat menyebabkan tapak ban motor tipis secara tidak merata.

Gunakan Standart Tengah

Usahakan menggunakan standart tengah saat sedang memarkir motor. Menggunakan standart tengah akan mengurangi tekanan samping pada ban saat sedang diparkir. Hal ini bertujuan agar ban tidak mudah retak dan rusak.

Ganti Ban Motor Tepat Waktu

Jika menemukan tanda-tanda ban motor sudah harus diganti, seperti permukaan tapak yang tipis atau retak di bagian dinding ban, maka segeralah mengganti.

Saat akan mengganti ban, pastikan ban motor yang akan anda beli sesuai dengan ukuran dan kebutuhan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible