5 Mitos Seputar Vitamin untuk Ibu Hamil


5 Mitos Seputar Vitamin untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang patut Anda syukuri. Janin yang ada pada perut Anda, kelak akan menjadi anak yang sehat dan cerdas yang bisa menjadi kebanggaan orang tuanya. Dengan begitu, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisinya sejak bayi masih ada di dalam kandungan. Selain memakan makanan bergizi, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin-vitamin untuk ibu hamil yang kini banyak beredar di beberapa apotek.

Vitamin untuk ibu hamil penting untuk dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan bagi ibu dan bayi. Beberapa vitamin yang perlu Anda konsumsi diantaranya vitamin A, asam folat, kalsium,vitamin C, Vitamin D, iodine, dan zat besi. Vitamin-vitamin tersebut bisa Anda konsumsi dalam bentuk suplemen maupun asupan makanan. Misalnya, vitamin D bisa Anda dapatkan pada ikan sarden, telur, dan daging merah.

Asupan vitamin sangat penting untuk ibu hamil agar tumbuh kembang janin bisa berkembang dengan baik. Jika Anda menyepelekan hal yang satu ini, maka kondisi janin kemungkinan besar akan megalami masalah dalam perkembangannya. Kemungkinan besar resiko yang dialami diantaranya mengalami cacat lahir, ketulian, pertumbuhan tulang yang tehambat, bibir sumbing, kerusakan system saraf, dan masih banyak lagi. Untuk itu, jangan pernah menganggap remeh asupan vitamin untuk ibu hamil.

Setiap vitamin memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Namun, karena vitamin memberikan kesan yang “baik bagi tubuh”, maka tak jarang ibu-ibu tidak mempedulikan asupan vitamin apa saja yang diperlukan sehingga cenderung asal dalam mengkonsumsinya. Tentu saja hal ini menimbulkan mitos yang siapa saja dapat mempercayainya.

Mitos Seputar Vitamin Ibu Hamil

Untuk itu, agar Anda tidak termakan oleh mitos, simak beberapa mitos seputar vitamin untuk ibu hamil di bawah ini.

1. Semua vitamin memiliki manfaat yang sama
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin cenderung memberikan kesan yang “baik bagi tubuh”. Memang benar bahwa vitamin baik bagi tubuh, namun Anda tidak bisa asal begitu saja dalam mengkonsumsinya apalagi jika sedang dalam kondisi hamil. Konsumsilah vitamin sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dan janin.

2. Mengkonsumsi vitamin hanya pada saat hamil
Mitos yang satu ini umumnya banyak dipercayai khususnya oleh ibu-ibu hamil. Mengkonsumsi vitamin pada saat hamil memang dianjurkan, namun sebaiknya vitamin dikonsumsi juga pada saat merencanakan kehamilan dan sesudah melahirkan. Manfaatnya yaitu untuk mendukung pertumbuhan bayi sejak dari kandungan hingga lahir. Mengkonsumsi vitamin setelah melahirkan bisa membuat ASI menjadi berkualitas.

3. Vitamin membuat sehat dan kuat
Mengkonsumsi vitamin pada saat hamil tidak selalu membuat ibu menjadi sehat dan kuat. Umumnya banyak efek samping yang dirasakan, seperti mual, konstipasi, pusing, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mengkonsumsinya sebelum tidur dibarengi dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

4. Vitamin membuat ibu hamil tidak perlu khawatir dengan menu makanan hariannya
Mitos ini jelas salah besar. Vitamin tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil. Ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi lainnya agar janin dapat tumbuh dengan baik.

5. Vitamin hanya untuk ibu hamil yang kekurangan vitamin
Tentu saja Anda tidak boleh mempercayai mitos ini. Setiap ibu hamil wajib memiliki asupan vitamin. Multivitamin yang dibuat khusus ibu hamil mengandung suplemen dan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi, juga dapat meningkatkan kesehatan perkembangan janin.

Demikianlah beberap mitos seputar vitamin untuk ibu hamil. Karena Anda adalah satu-satunya pemberi nutrisi bagi si kecil, maka SGM Bunda dapat membantu memberikan asupan nutrisi harian Anda agar selalu tercukupi. 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible