Tips dan Cara Pendaftaran Merek Usaha

Tips dan Cara Pendaftaran Merek Usaha

Pendaftaran merek sangat perlu dan penting untuk dilakukan. Produk dengan merek lebih terlihat berkualitas dibanding dengan produk tanpa merek. Apalagi merek yang sudah ada dalam jangka waktu yang lama, maka semakin memiliki nama besar dan membuat bisnis semakin lancar. Banyak juga orang yang memilih menggunakan merek orang lain yang sudah terkenal, cara ini dikenal dengan nama franchise. Dengan berbisnis franchice maka merek yang digunakan sudah memiliki nama yang populer. Tetapi biaya untuk franchise bisa mencapai ratusan juta, oleh sebab itu sangat disarankan untuk membuat merek sendiri dan berusaha dari nol. Untuk anda yang ingin membuat merek sendiri maka daftarkan dengan langkah-langkah yang ada di bawah ini.


Siapa pun memiliki hak untuk menggunakan merek apa pun, baik yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar di HKI. Namun nama merek tersebut tidak diperbolehkan sama dengan merek yang sudah didaftarkan oleh orang lain. Orang yang sudah mendaftarkan merek memiliki hak untuk menuntut merek dagang lain yang mirip dengan miliknya yang sudah terdaftar. Oleh sebab itu dalam dunia bisnis dalam menentukan merek sangat penting untuk dilakukan. Adapun merek-merek yang diterima oleh Dirjen HKI antara lain :

  •          Berupa gambar, contohnya adalah gambar kelinci yang terdapat pada kacang dua        kelinci
  •          Berupa nama seperti Tommy Hilfiger
  •          Berupa kata juga diperbolehkan, contohnya Google.
  •          Bisa berbentuk kalimat seperti Building for a Better Future.
  •          Bisa juga berbentuk huruf seperti logo K pada Circle K.
  •          Berbentuk angka seperti 3 pada provider kartu three.
  •          Bisa juga berbentuk susunan warna seperti yang ada pada logo pertamina
  •          berupa angka seperti merek rokok 555
  •          dan yang terakhir berbentuk kombinasi seperti Lotek 99.


Adapun merek-merek dagang yang tidak bisa didaftarkan antara lain :

  •          Pertama adalah merek yang dibuat untuk mengecoh pembeli. Contohnya adalah KFC yang memiliki nama panjang Kentucky Fried Chicken, namun ada juga merek dagang lain menggunakan kata KFC namun memiliki nama panjang Korea Food Chicken. Jika merek pertama sudah didaftarkan di Dirjen HAKI maka merek kedua ini memiliki peluang sedikit mendapatkan persetujuan dari Dirjen HAKI.
  •          Merek yang tidak akan lolos adalah merek yang menerangkan tentang apa yang dijual. Jika anda menjual buah strawberry maka anda tidak boleh menggunakan kata strawberry.
  •          Merek lainnya yang tidak akan lolos adalah merek yang bertentangan dengan Undang-undang, moralitas agama, ketertiban umum dan kesusilaan.
  •          Merek lain yang tidak boleh digunakan adalah milik umum yang dikenal banyak orang. Contohnya adalah bajak laut, palang merah dan lainnya. Tetapi merek tersebut masih bisa lolos jika dicampur dengan ornament lain atau symbol.
  •          Merek lain yang tidak lolos adalah merek yang tidak memiliki nilai jual, contohnya merek dengan symbol tanda Tanya atau huruf lainnya tanpa keunikan lainnya.
  •          Merek akan ditolak jika memiliki kemiripan dengan nama orang yang terkenal.
  •          Merek juga akan ditolak jika berupa bendera, lambang Negara, lembaga nasional, lembaga internasional dan lain sebagainya.


Untuk mengetahui apakah merek anda sudah digunakan orang lain atau belum, anda bisa mengecek menggunakan google. Tulis nama merek yang akan anda daftarkan, kemudian klik pencarian dan lihat hasilnya. Jika merek dagang anda belum digunakan orang lain maka anda masih bisa menggunakan merek tersebut. Dan sebaliknya jika merek dagang anda sudah digunakan orang lain maka anda lebih baik menggunakan merek lain. Dengan adanya pendaftaran pada merek dagang maka anda secara hukum sudah memiliki nama tersebut, jika ada orang lain ada yang menggunakan nama tersebut maka anda bisa menuntutnya.

Untuk mengajukan atau melakukan pendaftaran merek cukup mudah dilakukan. Namun banyak orang yang masih bingung untuk melakukan langkah-langkah pendaftaran. Bagi anda yang saat ini dalam kondisi seperti ini maka anda bisa menggunakan perusahaan jasa. Salah satu perusahaan jasa yang bisa dipilih adalah Legistra. Perusahaan Legistra merupakan konsultan perizinan gratis yang bisa anda pilih untuk mendapatkan merek yang sesuai. Konsultasi yang dilakukan selama 4 jam sama sekali tidak dikenakan biaya. Perusahaan ini sudah memiliki pengalaman panjang untuk membantu berbagai pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari pendirian PT dan CV. Legistra juga menyediakan layanan legalitas perusahaan, pengurusan izin bisnis dan masih banyak lagi lainnya.

Perusahaan ini bahkan bekerja sama dengan professional lain dalam bidang hukum dan juga notaris. Perusahaan ini sangat dikenal di wilayah jabotabek, namun bagi anda yang berasal dari luar daerah bisa juga menggunakan perusahaan Legistra untuk membantu membangun bisnis.

Ada banyak sekali keuntungan pendaftaran untuk merek melalui jasa perusahaan ini, antara lain proses lebih mudah dan cepat. Untuk biaya juga sangat terjangkau dengan harga yang cukup murah. Selain itu perusahaan ini sangat professional dan memiliki pengalaman yang baik dalam memberikan pelayanan di bidang industry. Jika anda ingin menghubungi nomor ini 021-39700303, 085933536119 atau halo@legistra.id. Bisa juga mengunjungi Rukan Fatmawati Mas, Blok B1, No. 114. di jalan RS. Fatmawati No. 20, Cilandak, Jakarta 12430, Indonesia.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible