Bagaimana Mengobati Bagian Tubuh yang Mati Rasa?

Bagaimana Mengobati Bagian Tubuh yang Mati Rasa?

Di dunia ini, tentu tak ada seorang pun yang menginginkan kedatangan penyakit, entah itu penyakit ringan ataupun penyakit yang serius. Namun, kita tidak bisa menebak apa yang telah digariskan oleh Sang Pencipta dalam kehidupan ini. Terkait dengan hal tersebut, terdapat ungkapan bahwa “Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati”. Maka dari itu, agar segala jenis penyakit enggan menghampiri tubuh kita, sudah sepatutnya kita melakukan tindakan pencegahan. 

Dalam hal ini, salah satu penyakit yang umumnya sering menimpa seseorang baik yang muda hingga yang tua ialah kebas dan kesemutan. Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami gejala yang satu ini. Adapun bagian tubuh yang sering kali terserang penyakit kebas ialah tangan. Lantas apakah penyebab tangan kebas dan kesemutan itu?? Bagi Anda yang penasaran akan hal tersebut, maka membaca ulasan ini adalah pilihan yang paling tepat.

Pada dasarnya, kebas dan kesemutan pada bagian tubuh tertentu disebabkan karena terlalu berlebihan aktivitas yang dilakukan seseorang. Sebagai contohnya, jika kita duduk bersila dalam kurun waktu yang lama, kemungkinan besar kaki akan serasa tidak memiliki sensitifitas akan sentuhan. Dan hal itulah yang bisa disebut dengan kesemutan atau kebas. Contoh lainnya adalah ketika tangan yang digunakan untuk mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak. 

Para ibu yang biasanya mencuci secara manual, pastinya sangat sering mengalami kebas dan kesemutan dibagian tangannya. Kebas dan kesemutan merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seseorang merasa sangat tidak nyaman lantaran terjadi kekakuan di bagian tubuh tertentu. Secara umum, kebas bukan disebabkan karena kerusakan syaraf. Hal utama yang menyebabkan terjadinya kebas dan kesemutan ialah ketidaklancaran aliran darah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penyebab terjadinya kebas pada tangan tidak hanya itu saja, melainkan masih terdapat banyak penyebabnya.

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya bahwa kebas bisa saja menyerang berbagai tingkatan usia. Tetapi, usia yang paling rawan terserang penyakit ini ialah usia 35 ke atas. Terganggunya bagian syaraf tepi adalah penyebab lain terjadinya kebas atau kesemutan di bagian tangan. Umunnya, gangguan tersebut terjadi lantaran beberapa syaraf mengalami penekanan, sehingga fungsi pengatur indra perasa pun ikut terganggu. Pada akhirnya, tangan yang terserang kebas akan mati rasa atau dengan kata lain tidak lagi sensitif dengan gesekan dan sentuhan. 

Selain itu, terjepitnya salah satu syaraf yang terdapat di tangan juga bisa menyebabkan terjadinya kesemutan dan kebas. Jika kebas dan kesemutan menyerang tangan Anda karena hal-hal demikian, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah memindah posisi tubuh awal ke posisi yang lain. Untuk mempercepat proses kesembuhan, Anda bisa menggerak-gerakkan tangan secara ringan. Dengan demikian, kebas dan kesemutan yang menimpa Anda pun akan hilang dengan sendirinya. 

Apabila memperhatikan ulasan di atas, tentu dapat kita simpulkan bahwa kebas dan kesemutan bukanlah suatu gangguan yang perlu untuk dikhuwatirkan. Dengan catatan, kebas tersebut tidak terjadi secara berulang-ulang. Lantas mengapa jika kebas atau kesemutan terjadi secara berulang-ulang tanpa sebab yang jelas? Bagi Anda yang sering merasakan kebas dan kesemutan pada jari tanpa sebab yang jelas, maka jangan pernah menganggap hal ini adalah hal yang spele. 

Kesemutan yang tak kunjung henti bisa saja merupakan tanda adanya penyakit berbahaya yang menjangkit Anda. Adapun beberapa penyakit yang umumnya ditandai dengan gejala kesemutan, diantaranya ialah Diabetes Rematik, Spasmofilia, Melitus (DM), Stroke, hingg Penyakit Jantung. Maka dari itu jika Anda sering mengalami mati rasa tanpa sebab yang jelas, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk segera berkonsultasi. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut terhadap konsisi tubuh Anda, serta memberikan resep obat dan arahan-arahan sesuai dengan penyebab terjadinya kebas tersebut.

Nah, itulah penyebab tangan kebas dan kesemutan yang perlu Anda ketahui. Selain berkunjung ke dokter, Anda juga bisa mengobati kesemutan dan kebas secara alami. Misalnya ialah dengan minum air putih yang banyak, membunyikan ruas-ruas jari, mengenakan splint pada peregangan tangan, rajin berolah raga, serta mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible