Macam – Macam Strategi Pemasaran

Macam – Macam Strategi Pemasaran

Seiring berkembangnya zaman semakin berkembang pula pola pikir masyarakat. Meningkatnya kreativitas dan pikiran kritis masyarakat membuat para penjaja barang dan jasa dituntut menjadi lebih kreatif dan berani dalam memasarkan barang atau jasa yang mereka miliki. Masyarakat yang konsumtif dan mengedepankan fungsi juga kualitas membuat produsen harus bisa membuat inovasi yang mampu bersaing di pasaran.

Kemampuan suatu produsen membuat inovasi baru yang tidak di miliki produsen lain menjadi salah satu poin penting jika ingin bersaing pada era yang keras ini. Banyaknya jenis barang dan jasa membuat konsumen akan semakin kritis dan pintar dalam memilih barang yang sesuai kebutuhan mereka. Mengembangkan fitur baru yang lebih mengikuti perkembangan jaman akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli barang tersebut. 

Peningkatan mutu dan kualitas dari sebuah barang atau jasa menjadi kunci dalam menarik minat dari konsumen.selain meningkatkan mutu dan kualitas produsen juga meningkatkan fitur guna multi fungsi dapat menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh barang dari produsen tersebut. Kemampuan memasarkan produk atau Integrated Marketing Communication dari suatu produsen Juga merupakan hal krusial yang harus dimiliki setiap perusahaan. 

Pemasaran yang unik, menarik dan tepat sasaran akan membuat tingkat penjualan suatu produk menjadi lebih tinggi. Pemasaran yang dapat mencakup semua lapisan masyarakat akan menambah nilai plus dari pengiklanan barang tertentu. Dalam melakukan pemasaran terdapat beberapa macam strategi yang dapat dilakukan untuk membuat suatu barang lebih mudah dikenal oleh masyarakat. 

Strategi pemasaran yang baik dan benar akan membuat tingkat penjualan suatu produk atau jasa menjadi lebih tinggi. Karena strategi yang baik berarti pemasaran tersebut tepat sasaran dan berhasil. Salah satu strategi yang bisa di lakukan oleh produsen adalah dengan melihat potensi terbesar media penyebaran informasi. 

Media yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat bisa menjadi salah satu alternatif dalam strategi pemasaran yang baik. Pada era sekarang ini media yang paling banyak digunakan dan selalu dalam pantauan masyarakat adalah media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia sendiri jumlahnya sudah sangat banyak. 

Semua kalangan dapat mencangkup dan mengakses media sosial ini. Jejaring sosial yang paling banyak adalah facebook diikuti oleh instagram, twitter dan media – media lain. Pengguna facebook sendiri tidak terbatas pada kalangan dewasa dan tua saja para anak muda dan remaja cenderung jauh lebih banyak mengakses facebook dibandingkan dengan orang-orang dewasa. Dan oportunity seperti inilah yang harus di manfaatkan oleh para produsen untuk mendongkrak popularitas barang mereka. 

Penyebaran informasi yang cepat pada media sosial ini akan menjadi sarana yang sangat baik bagi iklan atau pemasaran dari suatu produk. Selain melalu jejaring media sosial yang telah banyak para produsen lakukan pengadaan event atau acara akan membuat masyarakat menjadi lebih mengenal produk tersebut. Pengadaan acara atau event tidak terbatas hanya pada pengadaan event pribadi. 

Akan tetapi produsen dapat mengikuti berbagai event yang di adakan di luar perusahaan hingga produk dapat dikenal lebih luas. Berbagai event, acara atau festival akan menjadi salah satu lahan pemasaran yang mudah dan efektif. Event yang biasanya mendatangkan para calon konsumen ini akan menjadi ajang pamer kelebihan dan keunggulan dari suatu produk. 

Dalam event tersebut produsen atau pekerja marketing akan bisa memperkenalkan produk atau jasa yang mereka miliki. Menjelaskan secara terinci fitur-fitur terkini yang terdapat pada produk dan manfaat serta keunggulan mereka. Display unik dan menarik saat event berlangsung juga merupakan poin penting untuk di perhatikan. 

Semakin unik tampilan dari suatu produk akan membuat calon konsumen menjadi lebih penasaran. Keunikan tersebut akan memberikan kesan tersendiri yang akhirnya akan membekas dalam pikiran konsumen. Kesan tersebutlah yang harus diciptakan oleh produsen atau pekerja marketing. 

Kesan yang mendalam pada sebuah produk akan membuat calon konsumer menyebarkan informasi kepada konsumen lain. Proses penyaluran informasi yang seperti inilah yang harus di dapatkan oleh produsen. Konsumen yang menyampaikan informasi dari mulut ke mulut inilah yang membuat kesan suatu barang menjadi banyak di kenal.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible