Penting! Sebelum Membeli Apartemen, Perhatikan 8 Point Ini!

Penting! Sebelum Membeli Apartemen, Perhatikan 8 Point Ini!

Pada saat ini apartemen menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang dalam hal pemilikan tempat tinggal. Apartemen dianggap sebagai tempat tinggal yang lebih praktis dibandingkan dengan harus membuat atau membangun rumah. Namun dalam memilih apartemen juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, agar anda tidak kecewa atau tertipu dengan banyak iklan yang ada.

Jika anda pemula dan ingin membeli sebuah apartemen, anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus anda ketahui tentang apartemen. Membeli apartemen tentu saja berbeda dengan membeli rumah walau mungkin terlihat sama dalam prosesnya. Pada ulasan ini ada beberapa tips yang bisa anda pelajari atau anda manfaatkan saat anda berencana untuk membeli apartemen yang dirangkum dari Liputan6.com :

Tips Memilih Apartemen 

1. Lihatlah Lokasi Apartemen

Saat anda akan membeli sebuah apartemen yang harus anda perhatikan adalah lokasi dari apartemen tersebut. Dengan lokasi yang strategis anda akan memiliki keuntungan mudah untuk mengakses beberapa fasilitas umum. Sesuaikan juga dengan pekerjaan anda, jika anda bekerja di kawasan industri maka pilihlah apartemen yang dekat dengan kawasan anda.

2. Perhatikan Harga Beli

Tips selanjutnya adalah tentang harga. Harga beli dari masing-masing apartemen tentu saja berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari lokasi, fasilitas, view unit, letak lantai dan beberapa hal lainnya. Pada umumnya pengembang akan menjual apartemennya dengan ukuran semi gross area yang biasanya memiliki selisih antara 8%-15% lebih besar dari nett area.

Selain itu sesuaikan juga harga dengan kemampuan anda. Sebab dengan anda setuju membeli sebuah apartemen anda mempunyai kewajiban untuk malakukan pembayaran baik cash maupun kredit. Anda mungkin bisa mempertimbangkan apartemen dengan harga dibawah 400 juta yang bisa anda lihat pada beberapa situs yang membuka jual apartemen di internet

3. Perhatikan Tentang Pembayaran

Anda tidak boleh menyepelekan tentang pembayaran apartemen ini. Membayar dengan cara tunai lebih bisa membantu anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Anda bisa mendapatkan diskon 15% hingga 20% dari harag apartemen yang anda beli. Namum jika keuangan anda belum mencukupi untuk membeli secara tunai, anda bisa memilih cara tunai bertahap.

Pembayaran dengan sistem tunai bertahap hanya memiliki tenor selama 5 tahun sehingga nominal untuk tiap bulannya menjadi tinggi. Pilihan lainnya adalah dengan KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen). Dengan KPA ini tenor yang diberikan terbilang lama hingga 15 tahun. Sehingga cicilan per bulan anda akan menjadi kecil

4. Biaya Pemeliharaan

Jangan lupa juga memperhatikan tentang biaya pemeliharaan yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Anda harus menyesuaikan biaya pemeliharaan dengan pendapatan anda tiap bulannya dan cicilan KPA tadi.

5. Gunakan Pengembang yang Mempunyai Reputasi Bagus

Setiap apartemen yang dijual akan mencantumkan nama pengembang. Anda bisa mencari informasi tentang pengembang tersebut apakah terjamin atau tidak. Sebab pada saat membangun apartemen ada banyak hal yang dibutuhkan sebagai prosedur dan perizinan pembangunan. Hal ini mempunyai sifat kompleks yang tidak semua bisa memenuhi.

6. Fasilitas yang Nyaman dan Aman

Fasilitas apartemen tentu saja menjadi pertimbangan anda saat memilih sebuah apartemen untuk ditinggali. Kenali dengan betul setiap fasilitas yang tersedia pada sebuah apartemen dan perhatikan apakah fasilitas tersbut aman dan nyaman untuk anda atau tidak. Salah satu fasilitas yang sangat penting adalah lahan parkir. Coba cek apakah apartemen mempunyai lahan parkir atau tidak

Walaupun anda mendapatkan apartemen dengan harga yang murah namun tidak memiliki lahan parkir tentu anda akan kesulitan untuk menempatkan kendaraan anda pada saat anda kembali ke apartemen. Jika menggunakan parkir umum tentu kurang aman dan nyaman jika anda meninggalkan kendaaraan begitu saja. Hal ini sangat penting anda ketahui tentang kecukupan parkir

7. Pertimbangkan Tingkat Keamanan Apartemen

Walaupun anda tinggal di dalam apartemen, keamanan di sekitar lingkungan juga menjadi pertimbangan anda. Tanyakan dan ketahui dengan pasti layanan keamanan bagimana yang akan anda dapatkan saat tinggal di apartemen tersebut. Hal ini sangat berhubungan dengan kenyamanan anda selama ketika benar anda tinggal di apartemen tersebut. 

Selain dari layanan petugas keamanan, anda juga bisa menanyakan apakah apartemen dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV sehingga dapat memantau kondisi keamanan dan lingkungan sekitar apartemen dengan baik. Apakah ada alarm tanda keadaan darurat dan sebagaianya. 

8. Prospek Investasi

Selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga bisa dijadikan investasi yang bisa menghasilkan keuntungan buat anda. Harga apartemen saat ini cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Namun untuk bisa dijadikan investasi anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal diatas dalam memilih apartemen.

9. Beli Apartemen dengan Teliti 

Saat anda memutuskan membeli apartemen sebagai tempat tinggal dan telah melakukan beberapa hal diatas, maka anda bisa membuat list apartemen mana saja yang ingin anda beli. Sebelum itu lebih baik anda meluangkan waktu untuk datang dan melihat kondisi apartemen tersebut. Lakukan pertimbangan dari segala aspek, sehingga anda akan merasa nyaman dan aman tinggal disana

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible