Ingin Liburan ke Bromo? Jangan Lewatkan 10 Tips ini ya!

Ingin Liburan ke Bromo? Jangan Lewatkan 10 Tips ini ya!

Apakah kamu berniat untuk ke Bromo liburan kali ini? Jika iya, kamu sudah memilih destinasi yang sangat tepat.  Gunung yang terkenal dengan kawah kalderanya yang indah ini memang selalu menarik untuk dikunjungi setiap waktu. Bahkan daya tariknya bukan hanya terdengar di kalangan wisatawan lokal namun juga mancanegara. Jadi jangan heran, jika destinasi wisata ini akan selalu ramai. Apalagi jika mendekati pelaksanaan upacara Kasada.

Upacara Kasada adalah serangkaian ritual yang dilakukan masyarakat Suku Tengger pada tanggal 14-16 bulan Kasada. Penyelenggaraan ritual berjual untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dan menghindarkan tanah mereka dari marabahaya. Bisa dibilang lokasi ini adalah paket komplit wisata karena berbagai bentuk wisata tersedia mulai dari gunung, padang pasir, savana, kawah, sampai wisata religi dan budaya.

Tips Liburan Seru ke Bromo

Banyaknya pilihan wisata di sana tentu membuat kamu ingin mengunjungi gunung yang berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur ini. Supaya liburanmu menjadi seru dan tanpa adanya kendala, kamu tentu peru mempersiapkan berbagai hal supaya mengetahui gambaran medan dan apa saja yang diperlukan ketika berlibur disana. Apa saja? Yuk simak tips liburan seru ke Bromo berikut ini :

1. Ketahui akses menuju lokasi

Jika kamu ingin mengunjungi Gunung ini, kamu harus tahu dari daerah mana kamu akan datang. Perlu diingat bahwa tidak ada bandara di Probolinggo sehingga kamu harus memilih penerbangan Surabaya, Malang, Banyuwangi, atau Jember. Secara garis besar, terdapat empat gerbang besar untuk masuk ke kawasan ini. 

Keempat gerbang masuk tersebut adalah melalui Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Jika kamu dari Surabaya kamu bisa memilih untuk menggunakan rute Probolinggo atau Pasuruan. Sedangkan yang menjadi rute favorite wisatawan adalah rute Malang melewati Gubugklakah karena pemandangan alamnya yang menggoda.

2. Kunjungi lokasi ketika musim kemarau

Sama seperti akses pendakian yang lain, akan lebih baik untuk berkunjung ketika musim kemarau. Selain karena hujan dan akses yang menjadi licin, kamu tidak akan mendapatkan bentang alam seperti gurun pasir ketika berkunjung saat musim penghujan.

Namun ini kembali kepada kamu yang hendak berlibur ya. Karena gunung ini benar-benar lengkap menyajikan landscape yang berbeda ketika musim kemarau dan musim penghujan. Jika musim penghujan, akan menghadirkan landscape hutan tropis yang kaya akan vegetasi hijau sedangkan ketika kemarau akan menghadirkan landscape padang pasir yang coklat di segala penjuru.

3. Pilih paket liburan

Kamu harus memilih paket liburan ketika ingin mengunjungi Bromo. Karena waktu terbaik untuk menikmati pemandangannya adalah ketika sunrise. Maka tidak heran jika banyak paket liburan yang menyediakan fasilitas untuk para pengejar sunrise. Biasanya paket liburan yang tersedia adalah paket midnight dan menginap. 

Paket midnight memberikan fasilitas untuk mendaki gunung di malam hari sambil menunggu datangnya sunrise. Selain itu, ada pula paket menginap yang menyediakan tempat menginap dan fasilitas ke gunung saat dini hari.

4. Membekali diri dengan pakaian hangat

Terutama buat kamu yang mendaki di malam hari. Bekali dirimu dengan pakaian hangat, topi, sarung tangan, minuman hangat dan berbagai hal lainnya yang dapat mempertahankan suhu tubuh. Hal ini tidak boleh kamu abaikan karena suhu disana dapat minus di malam hari.

5. Sewa Jeep

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu harus memarkirnya sebelum memasuki lautan pasir. Setelahnya kamu harus menyewa jeep untuk menuju ke kawah dan spot terkenal lainnya. Maka siapkan budget lebih untuk menyewa jeep ya. Karena ini sudah aturan yang berlaku di Bromo.

6. Hindari menggunakan sneaker dan sandal

Kamu harus tahu bahwa kontur lokasi adalah berbatu, pasir, dan juga terjal. Walaupun jalur tracknya sudah dibuat sangat mudah dan tidak seperti jalur pendakian gunung, melainkan tangga batu, kamu harus tetap menggunakan sepatu yang tidak licin. Gunakan sepatu boot atau sepatu gunung. Sepatu sneaker akan mudah rusak. Apalagi jika menggunakan sandal. Bisa saja kakimu yang akan lecet.

7. Bawa tenda

Ini masih berhubungan dengan pemilihan paket wisata yang sebelumnya. Jika paket wisata yang kamu pilih tidak menyediakan tempat untuk penginapan, kamu harus membawa atau menyewa tenda. Tips dalam memilih tenda adalah gunakan tenda rainfly. Tenda ini memiliki pengait pada keempat sudutnya.

8. Jaga Kondisi Kesehatan

Walaupun Bromo bukanlah pendakian ekstrem seperti gunung-gunung lainnya. Bahkan tracknya sudah dibuat sangat landai dan berundak-undak dan sering dijadikan wisata keluarga. Namun kamu tetap harus menjaga kesehatan karena disana kamu akan banyak berjalan, udara dingin, dan membutuhkan kondisi tubuh yang fit.

9. Bawa kacamata, masker, dan sunblock

Barang kecil ini penting untuk dibawa karena ketika siang hari kamu akan mendapatkan paparan sinar matahari. Belum lagi dengan debu yang beterbangan di lautan pasir. Maka barang-barang ini akan menjaga kesehatan dan kulitmu.

10. Jaga kamera dan persediaan makan dengan baik

Hal terpenting yang tidak boleh kamu lupakan ketika ke Bromo adalah membawa kamera dan beberapa cemilan. Kamu bisa mengabadikan foto terbaikmu ketika sunrise. Dijamin kamu tidak akan rugi ketika berlibur di Bromo.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk liburan di Bromo kali ini. Pastikan kamu menyiapkan keperluan liburan dengan baik agar liburan lebih mengesankan dan menyenangkan.
Selamat berlibur!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible