Tahukah Anda Les Anak Bisa Jadi Solusi Kecanduan Game?


Tahukah Anda Les Anak Bisa Jadi Solusi Kecanduan Game?

Apakah buah hati anda sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game? Hal ini perlu menjadi perhatian karena bisa jadi si kecil kecanduan akan game. Kecanduan game bisa berbahaya bagi kesehatan terutama pada indera penglihatan. Bukan hanya itu kecanduan game juga bisa menganggu konsentrasi anak dalam belajar. Meski demikian les anak bisa menjadi salah satu solusi kencanduan game pada anak, selengkapnya simak ulasan berikut.

Langkah- langkah Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

1. Kurangi Waktu Bermain Game

Mengatasi kecanduan game harus dilakukan secara perlahan dan bertahap. Kecanduan game ini tidak bisa dilakukan dengan tiba-tiba karena bisa menimbulkan perilaku buruk seperti kebohongan hingga pembangkangan. Maka ada baiknya jika waktu bermain game dikurangi dengan membuat kesepakatan dengan si kecil. Anda bisa mengunakan alarm sebagai pengingat aturan waktu untuk berhenti bermain ketika alarm berbunyi.

2. Selingi Game Dengan Aktivitas Fisik dan Istirahat

Mengajak anak untuk beraktivitas fisik diluar bisa menjadi salah satu yang bisa anda lakukan. Anda bisa olahraga bersama, pergi berlibur atau bahkan mendaftarkan anak untuk les anak. Menerapkan jadwal istirahat juga bisa anda lakukan dengan memberikan pengertian-pengertian yang bisa diterima oleh anak. Setelah aktivitas fisik bisa jadi anak menjadi lelah sehingga tidur tidak larut malam.

3. Memilih Game Yang Bisa Dimainkan Dengan Keluarga

Kecanduan game juga bisa diatasi dengan memilihkan game yang bisa dimainkan bersama keluarga. Dengan bermain bersama anggota keluarga, anak jadi tidak begitu larut dengan game dan bisa berinteraksi dengan keluarga. Tidak hanya itu, akan ada yang mengingatkan jika sang buah hati sudah terlalu lama bermain game. Cara ini juga bisa mempererat ikatan yang terjalin di dalam keluarga.

4. Membangun Kehidupan Sosial di Dunia Nyata

Cara mengatasi kecanduan game terhadap anak bisa dengan membangun kembali kehidupan sosialnya secara nyata. Bermain bersama teman sebaya atau mengikuti les gambar misalnya akan membuat anak memiliki dunia baru. Memiliki pertemanan yang baik akan membuat anak menyadari bahwa kehidupan nyatanya juga menyenangkan. Usahakan anak untuk bermain dengan fisik atau permainan tradisional.

5. Berikan Syarat Sebelum Bermain Game

Untuk mengatasi anak selalu ingin bermain game, anda bisa memberikan syarat untuk mengerjakan sesuatu sebelum anak bermain. Cara ini tidak hanya bisa mengatasi kecanduan game juga bisa sebagai cara mengenalkan anak untuk memiliki prioritas. Anak akan semangat untuk mengerjakan tugas utama seperti mengerjakan PR sehingga tugas selesai, hiburan bermain game juga didapat.

6. Mencari Hobi Selain Game

Anda bisa mencari tahu hobi si kecil selain bermain game kemudian menfasilitasi untuk mengembangkannya. Misalnya jika anak memiliki hobi mengambar ada baiknya ada mendaftarkan les gambar untuk mendukung hobinya. Dengan begitu lambat laun anak akan menikmati hobi barunya dan melupakan hobi bermain gamenya. Manfaat lainnya anak menjadi memiliki kegiatan positif yang membantu berinteraksi dengan teman seusianya.

7. Hindari Game Yang Memiliki Tingkat Kecanduan Tinggi

Dunia game semakin beragam tidak hanya dimainkan melalui konsol, smartphone juga menyediakan berbagai macam jenis game. Beberapa game online memiliki tingkat kecanduan tinggi yang bisa menyerang dewasa hingga anak-anak karena game online memiliki sensasi permainan yang berbeda setiap harinya. Ada baiknya anda memilihkan game offline serta ada sisi edukasi di dalamnya.

8. Mendaftarkan Les Untuk Mendukung Impiannya

Mengatasi kecanduang game yang selanjutnya adalah dengan mencari tahu cita-cita sang buah hati di masa mendatang. Setelah itu anda harus mendukungnya dengan memfasilitasi sang anak untuk mengejar impiannya. Salah satunya dengan mengikutsertakan anak  les untuk mendapatkan keterampilan guna mengapai impiannya. Dengan begitu anak akan sibuk dan melupakan game nya.

Les yang bisa menghilangkan kecanduan game salah satunya adalah les gambar digital. Les ini nantinya akan membantu anak-anak untuk membuat gambar animasi 2D maupun 3D yang didasarkan pada kemampuan masing-masing anak. Ada beberapa projek diantaranya menciptakan game sendiri hingga membuat berbagai efek animasi. ESDA merupakan lembaga kursus animasi 3D terbaik yang bisa anda jadikan referensi.

Kecanduan game pada anak memang memiliki banyak dampak negatif mulai dari dampak kesehatan hingga mampu menurunkan prestasi akademik. Namun sebagai orang tua banyak cara yang bisa dilakukan agar anak bisa lepas dari kecanduan. Game memiliki fungsi hiburan bagi anak, namun tidak boleh berlebihan dalam memainkannya. Peran orang tua menjadi hal mutlak untuk kebiasaan bermain game bagi anak.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible